Saturday 7 May 2016

Tip belajar untuk menghadapi UN


Selamat siang sobat...
Ujian adalah hal yang sangat menentukan hasil dari pemahaman kita kita selama belajar di sekolah yang kita lakukan bertahun tahun lamanya. Tentu kita akan berjuang keras dengan terus belajar, bahkan terkadang banyak pelajar yang tidak tenang atau tidak bisa tidur malam harinya jika sudah kepikiran UN. Tanpa berpanjang leba, berikut saya akan membagikan beberapa tips untuk menghadapi UN bagi kalian yang ingin menghadapinya (sebenarnya saya juga):

pasang iklan



Memahami suatu materi dengan cara anda


Terkadang mungkin kita semua sulit memahami dari suatu pemahaman orang lain atau dari guru. Sekarang cobalah memahami dengan logika yang anda miliki dan tetapkan pada satu tujuan. Tetapkan tujuan anda untuk sukses UN dengan cara anda sendiri. Dengan kemampuan yang kita miliki masing masing dan dengan cara kita masing akan mudah untuk memepelajari sesuatu, tentunya dengan tetap mematuhi aturan yang ada. 

Tidur malam yang baik

Jagalah kualitas tidur di malam hari, belajarlah maksimal sampai jam 9.30 malam. Tidur yang ideal adalah delapan jam untuk menjaga kesehatan otak agar lebih fresh pada saat Ujian keesokan harinya. Tidur siang dianjurkan untuk menigkatkan kinerja otak, maksimal 30 menit tidur siang. Lebih dari itu tubuh kita akan terasa lemas setelah bangunnya.

Tahu kapan harus berhenti belajar

Pada saat belajar, otak kita mungkin bisa menampung dengan hanya beberapa materi saja. Tetapi jika kita memaksa belajar terus menerus belajar tanpa henti malah akan membuat kita pusing ataupun "Stress". Buatlah lah jadwal untuk belajar dan untuk melakukan kegiatan. Belajarlah untuk menyusun kegiatan dengan waktu yang cukup dan tepat agar kita sendiri tidak "stress" dalam melakukannya.

Makanan ringan untuk bersantai sambil belajar

Siapkan makanan ringan disamping anda pada saat belajar, Ambil lima menit istirahat setiap jam untuk membiarkan tubuh Anda menghasilkan lebih banyak bahan bakar untuk belajar Anda, dan makanlah makanan ringan anda. Ajaklah teman teman anda untuk belajar bersama jika itu perlu...

Itulah tips tips yang menurut saya paling mudah diterapkan untuk menghadapi UN, jika ada kurang atau ada saran, silakan komen. Semoga dengan postingan saya kita semua dapat sukses dalam menghadapi UN...


pasang iklan

No comments:

Post a Comment